Home > Renungan > Sebuah renungan dari masa lalu

Sebuah renungan dari masa lalu

Sebelumnya..
gw menulis ini, karena gw udah pernah ngerasain masa-masa suram di kuliah (untungnya sekarang gw udah berhasil keluar dari masa-masa suram itu..
gw ngerasa apa yg udah gw lakuin saat gw SMA itu sangat-amat-tidak cukup..
dan gw bener-bener ngerenungin hal itu smp akhirnya gw tersadar.. gw udah salah..
ga ada lagi yg bisa gw lakuin untuk ngerubah masa lalu..
tapi ada banyak yg bisa gw lakuin buat masa depan gw..
karena itu, gw sengaja nulis apa yg gw pikirin disini dengan harapan Kaskuser sekalian yg masih duduk di bangku SMA (terutama) bisa menyadari hal yg udah gw sadari..
makasih sebelumnya..

Renungan..
coba deh, lo renungin..
udah ngapain aja lo smp sekarang.. ?
selama lo di SMA, udah ngapain aja.. ?
udah dapet apa aja.. ?
udah jadi apa sekarang.. ?

klo lo jadi manajer, bos atau sebagainya (nanti),
lo bisa hidup tenang dan senang..
tapi klo lo nantinya malah jadi pengangguran,
atau ga bisa jadi orang (istilahnya) dan jauh dari apa yg lo cita-citakan waktu SMA,
lo pasti bakal nyesel..

lo bakal sedih klo nginget-nginget waktu SMA,
kenapa cepet banget berlalunya..
kenapa dulu lo gak begini,
kenapa dulu lo gak begitu,
kenapa sekarang udah kuliah,
kenapa masa SMA sebentar banget,
kenapa ga lamaan dikit,
kenapa dulu lo begini,
kenapa dulu lo begitu,
kenapa jadi begini,
kenapa jadi begitu,
kenapa, kenapa dan kenapa.. ?

lo bakal sedih,
lo bakal nangis,
lo bakal nyesel,
lo pingin balik lagi ke SMA,
STOP !!

jangan berpikir kaya gitu,
gak mungkin bisa,
seberapa keras-pun lo usaha,
lo sekarang udah kuliah,
ga akan mungkin bisa balik lagi ke masa SMA..
ini real, dunia nyata..
ga ada mesin waktunya Doraemon,
ga ada lorong-waktunya Pak Haji..
ga ada yg bisa nolong lo..

semua udah terlanjur,
klo lo flash back lagi,
banyak kesalahan yg uda lo lakuin..

ada diantara lo semua yg waktu SMA cuma main-main aja.. ?
ga belajar.. ? tapi lulus.. ?
cuma bercanda doank.. ?
dan sekarang udah kuliah.. ?

OK, gw ga nyalahin,
masa SMA cuma sekali,
jadi harus kita nikmatin..

tapi, seandainya waktu di sekolah,
kita belajar dengan serius..
dan waktu pulang kita baru main-main sama teman-teman yg lain,
lo dapet nilai-nilai bagus,
lo jadi banyak tahu,
lo jadi pinter,
dan lo juga dapet kesenangan sama teman-teman lo,
ga salah kan.. ?

gini loh,
lo sekarang udah jadi mahasiswa / mahasiswi,
inget ga sih masa-masa lo SMA.. ?
klo waktu itu lo lagi sedih, tertekan, kepayahan, dll,
pasti sekarang lo ketawa-ketawa ingetnya..
masa-masa suram waktu itu,
jadi indah dan menyenangkan banget kan klo diinget-inget lagi.. ?
tapi lama-kelamaan,
lo bakal sedih..

karena masa-masa indah itu telah berlalu,
walau lo bisa nemuin orang-orang yg ada dalam kenangan masa SMA lo,
belum tentu semua nya tetep sama..
bisa aja ada yg berubah,
sometimes people change, right.. ?

sekarang bukan waktunya termenung,
lo harus sigap,
coba ubah deh pola hidup lo,
ubah pola pikir lo..

mumpung masih kuliah,
lo benerin diri lo sebelum telat..
lo harus fokus,
timbulin tekat di dalam diri lo..

lulus kuliah nanti,
lo harus bisa jadi orang (istilahnya),
lo harus bisa gapai cita-cita lo,
dokter, pejabat, arsitek, dll..

dan saat dewasa nanti,
lo inget lagi masa-masa sekarang,

dengan usaha lo sendiri,
lo hubungin teman-teman lo di SMA,
lo ajak kumpul semuanya,
lo liat, gimana jadinya,

lo bisa bangga sama teman-teman lo yg juga berhasil kaya lo,
dan klo masih ada teman lo yg belum berhasil,
lo ajak dia, lo buat dia supaya bisa kaya lo,
ga usah segan buat ngasih dia pekerjaan,
ga usah segan buat ngasih beberapa duit dan tenaga lo buat dia,

dia teman lo,
salah satu bagian dari masa lalu lo,
salah satu bagian dari masa SMA lo,
salah satu bagian dari masa INDAH lo..

apa yg lo rasain saat itu,
pas lo kumpul sama teman-teman SMA lo,
pas lo uda berhasil.. ?

cuma satu pesan gw,
semua yg uda berlalu ga akan bisa kembali lagi..
memori itu jauh lebih berharga dibandingkan uang..
makanya, dengan usaha lo sendiri,
jadiin diri lo yg sekarang sebagai orang yg bener,
supaya nanti, lo punya memori yg ga bikin lo nyesel,
karena lo bakal bilang,

untung DULU gw kaya gitu..🙂

Penutup..
maaf kalau kata-katanya susah di mengerti..
ini adalah renungan gw dulu waktu gw masih kuliah di salah satu Universitas swasta jurusan Sistem Komputer..
saat itulah gw merasakan penyesalan karena udah nyia-nyiain masa SMA gw..
namun sekarang gw ga perlu begitu lagi.. karena gw udah berubah..
sekarang gw udah nemuin kehidupan kuliah gw yg baru dengan kampus dan jurusan yg berbeda..
dan gw bahagia dengan kehidupan gw yg sekarang🙂

inget, masa lalu itu ga bisa diubah..
jadi daripada nyesel, lebih baik kita buat masa depan kita jadi indah dengan berusaha di masa sekarang..
semoga kalian semua berhasil🙂
terima kasih banyak, dan GOODLUCK !!

Categories: Renungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: